Pengaruh Aplikasi Model Pembelajaran Inkuiri dengan Metode Game Based Learning terhadap Prestasi Belajar di Masa Pandemi

Authors

  • Farhan Aqil Musyafa Fisika, Universitas Negeri Jakarta, Rawamangun, Jakarta, 13220, Indonesia
  • Yusuf Niko Fitranto Fisika, Universitas Negeri Jakarta, Rawamangun, Jakarta, 13220, Indonesia
  • Mutiah Mutiah Pendidikan Matematika, Universitas Negeri Jakarta, Rawamangun, Jakarta, 13220, Indonesia
  • Dewi Muliyati Pendidikan Fisika, Universitas Negeri Jakarta, Rawamangun, Jakarta, 13220, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.58797/pilar.0102.12

Keywords:

game based-learning, learning loss, pandemi

Abstract

Abstract

During the Covid-19 pandemic, the government established a policy of online learning. This makes students experience the impact of learning loss due to the duration of the policy. The learning model that can be used to minimize the phenomenon of learning loss is the inquiry learning model. For optimization, this model needs to be integrated with a learning method. The learning method used is game-based learning. The results of research on optical material learning for grade IX students at Junior High School show that the inquiry learning model with game-based learning methods can reduce the impact of the learning loss phenomenon during the pandemic. 

Abstrak

Saat pandemi Covid-19, pemerintah menetapkan kebijakan pembelajaran dalam jaringan (daring). Hal ini membuat peserta didik berpotensi untuk mengalami dampak dari fenomena learning loss karena durasi kebijakan yang lama. Model pembelajaran yang dapat digunakan untuk meminimalisir fenomena learning loss yaitu model pembelajaran inkuiri. Untuk optimalisasi, model ini perlu diintegrasikan dengan suatu metode pembelajaran. Metode pembelajaran yang digunakan yaitu game-based learning. Hasil penelitian terhadap pembelajaran materi optik untuk pelajar kelas VII Sekolah Menengah Pertama (SMP) menunjukkan bahwa model pembelajaran inkuiri dengan metode game-based learning dapat meminimalisir dampak dari fenomena learning loss saat pandemi.

References

Abidin, Z., Hudaya, A. dan Anjani, D. (2020) ‘Efektivitas Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi Covid-19 [The Effectiveness of Distance Learning During the Covid-19 Pandemic]’, Research and Development Journal of Education, 1(1), p. 131.

Andriani, W. dkk. (2021) ‘Learning Loss dalam Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Corona’, Prosiding Seminar Nasional Teknologi Pembelajaran Universitas Negeri Malang, 1(1), pp. 485–501.

Asrul dan Afil, M. (2020) ‘Dampak pembelajaran online terhadap minat belajar siswa pada masa pandemi covid-19’, Publikasi Ilmiah Universitas Muhammadiyah Kendari, pp. 1–15.

Dwi, M. (2020) ‘Pemanfaatan Teknologi Pendidikan Di Masa Pandemi Covid-19: Penggunaan Fitur Gamifikasi Daring Di Universitas Muhammadiyah Pringsewu Lampung’, Al-Jahiz: Journal of Biology Education Research, 1(1), p. 14.

Kaffenberger, M. (2021) ‘Modelling the long-run learning impact of the Covid-19 learning shock: Actions to (more than) mitigate loss’, International Journal of Educational Development, 81(December 2020), p. 102326.

Kusumaningrum, B. dan Wijayanto, Z. (2020) ‘Apakah Pembelajaran Matematika Secara Daring Efektif? (Studi Kasus pada Pembelajaran Selama Masa Pandemi Covid-19)’, Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 11(2), pp. 137–142.

Maulidina, M., Susilaningsih, S. dan Abidin, Z. (2018) ‘Pengembangan Game Based Learning Berbasis Pendekatan Saintifik Pada Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar’, JINOTEP (Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran) Kajian dan Riset dalam Teknologi Pembelajaran, 4(2), pp. 113–118.

Pratama, R. A., Ulfa, S. dan Kuswandi, D. (2018) ‘Mobile Learning Berbasis Game Based Learning Pelajaran Matematika Pokok Bahasan Bangun Ruang Sisi Datar’, Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 3(6), pp. 771–777.

Samsinar, S. (2019) ‘Urgensi Learning Resources (Sumber Belajar) dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran’, Jurnal Kependidikan, 13(12), pp. 194–205.

Sohrabi, C. dkk. (2020) ‘World Health Organization declares global emergency: A review of the 2019 novel coronavirus (COVID-19)’, International Journal of Surgery, 76(February), pp. 71–76.

Sugianto, I., Suryandari, S. dan Age, L. D. (2020) ‘Efektivitas Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Kemandirian Belajar Siswa Di Rumah’, Jurnal Inovasi Penelitian, 1(3), pp. 159–170.

Wibawa, A. C. P. et al. (2021) ‘Game-Based Learning (GBL) sebagai Inovasi dan Solusi Percepatan Adaptasi Belajar pada Masa New Normal’, Integrated, 3(1), pp. 17–22.

Wekke, I. S. (2019) Metode Penelitian Sosial. 1st edn. Yogyakarta: Penerbit Gawe

Downloads

Published

2022-12-31

How to Cite

Pengaruh Aplikasi Model Pembelajaran Inkuiri dengan Metode Game Based Learning terhadap Prestasi Belajar di Masa Pandemi. (2022). Mitra Pilar: Jurnal Pendidikan, Inovasi, Dan Terapan Teknologi, 1(2), 231-240. https://doi.org/10.58797/pilar.0102.12

Similar Articles

1-10 of 26

You may also start an advanced similarity search for this article.