Desain Permainan Ular Tangga yang Terintegrasi dengan Pembelajaran Fisika
DOI:
https://doi.org/10.58797/pilar.0201.02Keywords:
Pembelajaran menyenangkan, Permainan Ular Tangga, Media Latihan, Pembelajaran FisikaAbstract
Abstract
Doing questions is an important part of the learning process. Presenting practice questions accompanied by games is expected to provide fun learning conditions. This research focused on modifying the Snake and Ladder game as a question-training medium. The modified Snake and Ladder game will spawn questions when a player’s pawns touch the ladder’s feet or the snake’s tail. The player’s answer to the questions will put the player’s pawns closer or further towards the end square. This game is designed to have a positive impact on student learning motivation.
Abstrak
Latihan mengerjakan soal merupakan bagian yang penting dalam proses belajar mengajar. Menyajikan latihan soal disertai dengan permainan diharapkan dapat memberikan kondisi pembelajaran yang menyenangkan. Penelitian ini difokuskan pada modifikasi permainan Ular Tangga sebagai media latihan soal. Modifikasi Ular Tangga akan memunculkan soal saat pion pemain menyentuh kaki tangga atau ekor ular. Jawaban pemain terhadap soal akan mendekatkan atau menjauhkan pion pemain dari kotak terakhir. Permainan ini dirancang untuk memberikan berdampak positif pada motivasi belajar siswa.
References
Aladejana, A. L., & Fatoba, J. O. (2022). Effects of drill and practice instructional strategy on senior secondary schools students’ mathematical skills in physics in Ekiti State, Nigeria. International Journal of Education, Psychology and Counseling, 7(45), 190-198.
Damarjati, S., & Miatun, A. (2021). Pengembangan Game Edukasi Berbasis Android sebagai Media Pembelajaran Berorientasi pada Kemampuan Berpikir Kritis. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(2).
Fitria, Y., & Indra, W. (2020). Pengembangan model pembelajaran PBL berbasis digital untuk meningkatkan karakter peduli lingkungan dan literasi sains.
Forsberg, A., Adams, E. J., & Cowan, N. (2021). The role of working memory in long-term learning: Implications for childhood development. In Psychology of Learning and Motivation (Vol. 74, pp. 1-45). Academic Press.
Granberg, C., Palm, T., & Palmberg, B. (2021). A case study of a formative assessment practice and the effects on students’ self-regulated learning. Studies in Educational Evaluation, 68, 100955.
Handayani, R., & Wulandari, D. (2021). Modern assessment dalam menyongsong pembelajaran abad 21 dan hambatan di negara berkembang. Jurnal Pendidikan Edutama, 8(1), 13.
Miftah, M. (2022). Model dan Format Media Pembelajaran Berbasis TIK Untuk Meningkatkan Minat dan Pemahaman Materi Ajar. DIAJAR: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 1(3), 312-320.
Permanasari, L., & Pradana, K. C. (2021). Pengaruh model pembelajaran active knowledge sharing terhadap hasil belajar matematika siswa SMP. Ensiklopedia: Jurnal Pendidikan Dan Inovasi Pembelajaran Saburai, 1(01), 1-7.
Rafikasari, F., Ibrahim, M., Amin, S. M., & Djazilan, S. (2021). Keefektifan pembelajaran agama islam melalui pendekatan pembelajaran aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan (pakem) di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3232-3241.
Rohmadi, M., & Septiana, N. (2023). Pengembangan Majalah Fisika Pada Materi Usaha dan Energi Terintegrasi Islam. JIPFRI (Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika dan Riset Ilmiah), 7(2), 93-105.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Joel Ongko Halim, Dewi Muliyati , A Handjoko Permana
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.